Motor, Sistem, Kalender, Jadwal Tayang MotoGP 2012 TRANS 7

MotoGP dianggap sebagai kelas tertinggi di event motorsport, dengan  motornya pada tahun 2012 berspesifikasi prototype, dan berkapasitas 1000 cc. Kita tidak dapat membeli sebuah motor MotoGP dengan uang seberapapun. Motor-motor ini berisikan teknologi terbaru yang ada pada sepeda moto, dan hal ini sangat berbanding sangat jauh dengan motor jalanan. Sepeda motor MotoGP didesign langsung oleh pabrikannya. Walaupun motor yang digunakan oleh tim kecil sekalipun, biasanya motor yang dipakai adalah motor kelas balap pabrikan terbaru.



Motor Prototype



Chassis/Rangka Motor
Motor  memiliki rangka didesign special/khusus untuk racing. Ini artinya merupakan rangka yang berspec tinggi dan dengan konfigurasi yang tinggi, dalam kata lain sangat presisi sesuai dengan kebutuhan dan keinginan mesin juga posisi kenyamanan pembalapnya. Tim yang memiliki dan menggunakan motornya, dapat melakukan lusinan settingan untuk geometri suspensi untuk menyetting dengan sangat tepat sesuai dengan kebutuhan pembalapnya.

Mesin khususnya yang didesign sebagai unit prototype. Bagian-bagian umumnya dari mesin harus tidak boleh sama dari basis mesin motor jalanan. Meskipun jumlah dari silinder tidaklah diatur ketat, semua tim tetap saja menggunakan konfigurasi mesin 4 silinder, seperti V4 (Ducati, Honda, Suzuki) atau 4 silinder segaris. Yamaha, Kawasaki. Suzuki, Kawasaki, Yamaha, dan Honda telah menggunakan system per klep pneumatic dan juga menggunakan per baja jika diperlukan dalam settingan tertentu untuk mesin system pneumatic. Ducati menggunakan system klep desmodromic(klep yang aktif ditekan terbuka dan ditekan tertutup,berbanding terbalik dengan aktif ditekan terbuka dan ditekan tertutup). Mesin MotoGP dikatakan menghasilkan paling tidak 220bhp pada kruk-asnya.


Mesin menggunakan sepasang piringan rem karbon 320mm didepan. Ini sangat ringan, yang berarti mengguranggi berat total, menambah performa pengendalian/ handling melewati bumps/jalan bergelombang dan meredam gyroscopic effect(yang membuat motor dipaksa untuk tetap lurus pada trek lurus dan susah dibelokkan pada tikungan). Rem karbon juga memiliki kekuatan tinggi untuk menghentikan motor, tetapi harus mendapatkan temperatur terbaiknya untuk dapat berkerja maksimal. Rem belakangnya berukuran kecil dan terbuat dari besi karena fungsinya tidak sepenting rem depan, rem belakang biasannya digunakan pembalap untuk menstabilkan posisi motor. Nicky Hayden menggunakan rem belakang yang lebih besar dari pembalap lain karena ia mengginginkan rem yang sesuai dengan karakter gaya balapnya, tetapi tetap lebih kecil dari rem depannya.
 
Peraturan membolehkan berat minimum berdasarkan jumlah silinder pada mesin motor, tetapi karena semua motor menggunakan mesin 4 silinder maka de facto batasnya adalah 148kg.( batas dapat bervariasi dari 133kg untuk motor 2 silinder sampa 168kg untuk motor mesin 6 silinder jika mereka ada).



Motor menggunakan ban prototype baik dari Michelin atau Bridgestone. Ini berarti tim-tim atas mendapatkan ban yang dibuat khusus agar cocok dengan motor dan pembalapnya. Walau bagaimanapun, tim-tim kecil terpaksa untuk menggunakan ban-ban yang didesign untuk orang lain dari tim-tim besar, hal ini dapat membuat perbedaan/ gap antara “yang besar” dan “yang kecil.” Ukuran ban yang dapat digunakan selama balap sangat ditentukan oleh peraturan yang sangat ketat.

Motor CRT

Apa itu CRT? CRT adalah singkatan dari Claiming Rule Teams, dan merupakan kategori baru di kelas MotoGP. Mereka akan berjalan bersama tim pabrik normal dan tim satelit MotoGP (sekarang resmi diklasifikasikan sebagai "factory prototype" terlepas dari apakah mereka sedang berjalan dalam sebuah tim pabrik atau tim satelit), dan tunduk pada aturan yang sedikit berbeda.



Perbedaan aturan antara CRT dan prototipe pabrik?
CRT diperbolehkan menggunakan bahan bakar lebih banyak dan jumlah mesin yang lebih banyak: sementara prototipe pabrik akan memiliki 21 liter bahan bakar dan diizinkan untuk menggunakan 6 mesin di 2012 (sama seperti tahun 2011), entri CRT akan diberikan 24 liter bahan bakar dan memiliki 12 mesin untuk musim 2012. Karena keunggulan ini, produsen yang ada (Honda, Yamaha atau Ducati) akan diizinkan untuk mengklaim mesin dari CRT.


Siapa yang memutuskan mana tim CRT dan mana yang menjalankan tim prototipe pabrik?

Tim harus mendaftar untuk masuk sebagai CRT kepada IRTA, yang mengevaluasi entri grid Grand Prix di semua kelas. Sebuah aplikasi sebagai CRT akan dinilai oleh Komisi Grand Prix (Grand Prix Commision/GPC), badan yang membuat aturan MotoGP yang terdiri dari MSMA (mewakili produsen), IRTA (mewakili tim), Dorna (mewakili penyelenggara) dan FIM (mewakili badan sanksi dan federasi internasional). Keempat anggota GPC harus setuju dengan suara bulat untuk menerima tim sebagai entri CRT, dengan tanpa ada perbedaan pendapat.

 
Modifikasi mesin apa saja yang diperbolehkan untuk motor CRT?
Seperti yang disebutkan di atas, tidak ada dalam buku aturan tentang mesin, selain harus memiliki maksimal 4 silinder dan maksimum bore up (pembesaran diameter silinder) 81mm. Ada beberapa ketentuan tentang bahan-bahan yang dapat digunakan pada mesin MotoGP, tapi pada dasarnya tidak ada batas pada apa yang dapat dilakukan untuk mesin. Claiming Rule Teams bebas untuk melakukan apapun yang mereka inginkan pada mesin mereka.

 

 
 Apakah motor CRT akan kompetitif melawan prototipe pabrik?
Para produsen sangat concern tentang tiga liter ekstra bahan bakar yang dimiliki oleh motor CRT, yang seharusnya memungkinkan untuk membuat tenaga motor lebih mudah dikelola tanpa paket elektronik besar-besaran yang sangat mahal.


Namun ini tidak berarti bahwa Casey Stoner perlu takut akan kehilangan plate dari rider CRT dalam waktu dekat. The real factory bikes Repsol Honda, Yamaha Factory dan Ducati selalu akan berada di luar jangkauan mesin CRT. Hanya pabrikan yang mampu membayar gaji empat Alien (Valentino Rossi, Casey Stoner, Dani Pedrosa dan Jorge Lorenzo) untuk siap diperintah, dan sebagai akibatnya, hanya tim pabrik yang akan memiliki kesempatan untuk memenangkan kejuaraan dunia MotoGP, apa pun aturannya.


Tapi itu bukan poin aturan CRT. Claiming Rule Teams dimaksudkan untuk menggantikan tim satelit dan membuatnya lebih terjangkau bagi tim untuk balapan di seri MotoGP. Dengan motor CRT biaya diharapkan sekitar 1 juta euro per musim, CRT bisa menurunkan dua motor seharga sewa satu Yamaha, itupun jika mereka bisa membujuk Yamaha untuk menyewakan motor mereka karena hak istimewa ini diberikan hanya kepada bos Tech 3 Herve Poncharal. Untuk harga Honda RC213V-spec pabrik kisaran 4,5 juta euro, Tim Claiming Rule bisa menurunkan dua mesin CRT dan membayar pembalap, mekanik serta memangkas besar-besaran anggaran tahunan mereka.


Mengapa aturan CRT diperlukan?

Biaya balap pabrik prototipe telah menjadi tidak berkelanjutan. Biaya sewa mesin satelit telah meningkat selama beberapa tahun terakhir dan produsen telah menolak semua upaya lain untuk pemotongan biaya. Permintaan dari Dorna, FIM dan IRTA untuk menyewakan mesin sendiri berhadapan dengan resistensi dan kemudian ditawarkan dengan biaya yang bukan pilihan yang layak, sekitar 70% dari biaya sewa penuh.


Dan itu bukan hanya tim satelit yang telah terpengaruh. Biaya besar balap prototipe 800cc dengan hanya 21 liter bahan bakar pertama telah memaksa Kawasaki keluar lalu kini diikuti oleh Suzuki, meninggalkan hanya tiga produsen. Grid telah menyusut selama bertahun-tahun dan MotoGP bisa saja berakhir dengan hanya 12 motor di grid pada tahun 2012.


Kualitas dari beberapa pembalap yang dibawa tim CRT merupakan sedikit masalah, tetapi juga mencerminkan rasa takut yang konservatif. Pembalap top yang tidak mendapat tempat di tim pabrikan memilih untuk bergabung dengan tim satelit MotoGP atau privateer WSBK, daripada mengambil risiko naik CRT.


 

Setelah motor CRT mulai mampu fight dengan motor satelit, maka mereka dapat dinilai sukses. Jika ternyata 1 juta euro memungkinkan untuk menciptakan sebuah motor balap yang kompetitif, maka aturan CRT akan terbukti. Langkah berikutnya adalah untuk memungkinkan mesin CRT ke balapan di tingkat nasional, menumbuhkan basis pembalap dan tim yang memiliki pengalaman dan mulai melihat entri reguler wild card di setiap seri MotoGP.

Pada musim 2013, aturan akan berubah lagi, dengan Dorna hanya mendukung finansial tim CRT, dan spec ECU dan rev limit kemungkinan akan diperkenalkan. Seperti halnya saat mesin Moto2 diperkenalkan, disambut dengan keluhan dan banyak keberatan-keberatan, dikatakan bahwa itu akan menjatuhkan citra di olahraga. Dua tahun kemudian, balapan Moto2 adalah salah satu yang paling ditunggu-tunggu di akhir pekan dan tak seorang pun meragukan kaliber Stefan Bradl, Marc Marquez dan Andrea Iannone. Ini akan memakan waktu, namun disinilah CRT berada.

Kalender MotoGP 2012

Jadwal Jam Tayang TRANS 7

8 April, Jadwal MotoGP Losail Qatar
Jadwal Race Motogp dan Jam Tayang Trans7:
Moto3 Qualifikasi : Sabtu : 22:00 – 22:40
Moto2 Qualifikasi : sabtu : 22:55 – 23:40
MotoGP Qualifikasi : 23:55 – (Minggu) 00:55
Moto3 Race : Minggu 23:00
Moto2 Race : Senin 00:20
MotoGP Race : Senin 02:00

29 April, Jadwal MotoGP Jerez de la Frontera Spanyol
Jadwal Race Motogp dan Jam Tayang Trans7:
Moto3 Qualifikasi : Sabtu : 18:00 – 18:40
MotoGP Qualifikasi: Sabtu : 18:55 – 19:55
Moto2 Qualifikasi : Sabtu : 20:10 – 20:55
Moto3 Race : Minggu 16:00
Moto2 Race : Minggu 17:20
MotoGP Race : Minggu 19:00

6 Mei, Jadwal MotoGP Estoril Portugal
Jadwal Race Motogp dan Jam Tayang Trans7:
Moto3 Qualifikasi : Sabtu : 19:00 – 19:40
MotoGP Qualifikasi: Sabtu : 19:55 – 20:55
Moto2 Qualifikasi : Sabtu : 21:10 – 21:55
Moto3 Race : Minggu 20:30
Moto2 Race : Minggu 17:20
MotoGP Race : Minggu 19:00

20 Mei, Jadwal MotoGP Le Mans France
Jadwal Race Motogp dan Jam Tayang Trans7:
Moto3 Qualifikasi : Sabtu : 18:00 – 18:40
MotoGP Qualifikasi: Sabtu : 18:55 – 19:55
Moto2 Qualifikasi : Sabtu : 20:10 – 20:55
Moto3 Race : Minggu 16:00
Moto2 Race : Minggu 17:20
MotoGP Race : Minggu 19:00

3 Juni, Jadwal MotoGP Catalunya – Catalunya
Jadwal Race Motogp dan Jam Tayang Trans7 :
Moto3 Qualifikasi : Sabtu : 18:00 – 18:40
MotoGP Qualifikasi: Sabtu : 18:55 – 19:55
Moto2 Qualifikasi : Sabtu : 20:10 – 20:55
Moto3 Race : Minggu 16:00
Moto2 Race : Minggu 17:20
MotoGP Race : Minggu 19:00

17 Juni, Jadwal MotoGP Silverstone Inggris Great Britain
Jadwal Race Motogp dan Jam Tayang Trans7:
Moto3 Qualifikasi : Sabtu : 19:00 – 19:40
MotoGP Qualifikasi: Sabtu : 19:55 – 20:55
Moto2 Qualifikasi : Sabtu : 21:10 – 21:55
Moto3 Race : Minggu 20:30
Moto2 Race : Minggu 17:20
MotoGP Race : Minggu 19:00

30 Juni, Jadwal MotoGP Assen Belanda **
Jadwal Race Motogp dan Jam Tayang Trans7:
Moto3 Qualifikasi : Jumat : 18:00 – 18:40
MotoGP Qualifikasi: Jumat : 18:55 – 19:55
Moto2 Qualifikasi : Jumat : 20:10 – 20:55
Moto3 Race : Sabtu 16:00
Moto2 Race : Sabtu 17:20
MotoGP Race : Sabtu 19:00

8 Juli, Jadwal MotoGP Sachsenring Jerman
Jadwal Race Motogp dan Jam Tayang Trans7:
Moto3 Qualifikasi : Sabtu : 18:00 – 18:40
MotoGP Qualifikasi: Sabtu : 18:55 – 19:55
Moto2 Qualifikasi : Sabtu : 20:10 – 20:55
Moto3 Race : Minggu 19:30
Moto2 Race : Minggu 16:20
MotoGP Race : Minggu 18:00

15 Juli, Jadwal MotoGP Mugello Italia
Jadwal Race Motogp dan Jam Tayang Trans7:
Moto3 Qualifikasi : Sabtu : 18:00 – 18:40
MotoGP Qualifikasi: Sabtu : 18:55 – 19:55
Moto2 Qualifikasi : Sabtu : 20:10 – 20:55
Moto3 Race : Minggu 16:00
Moto2 Race : Minggu 17:20
MotoGP Race : Minggu 19:00

29 Juli, Jadwal MotoGP Laguna Seca United States ***
Jadwal Race Motogp dan Jam Tayang Trans7:
MotoGP Qualifikasi: Minggu : 03:55 – 04:55
MotoGP Race : Senin 04:00

19 Agustus, Jadwal MotoGP Indianapolis Indianapolis
Jadwal Race Motogp dan Jam Tayang Trans7:
Moto3 Qualifikasi : Minggu : 00:00 – 00:40
MotoGP Qualifikasi: Minggu : 00:55 – 01:55
Moto2 Qualifikasi : Minggu: 02:10 – 02:55
Moto3 Race : Minggu 22:00
Moto2 Race : Minggu 23:20
MotoGP Race : Senin 01:00

26 Agustus, Jadwal MotoGP Brno Czech Rep.
Jadwal Race Motogp dan Jam Tayang Trans7
Moto3 Qualifikasi : Sabtu : 18:00 – 18:40
MotoGP Qualifikasi: Sabtu : 18:55 – 19:55
Moto2 Qualifikasi : Sabtu : 20:10 – 20:55
Moto3 Race : Minggu 16:00
Moto2 Race : Minggu 17:20
MotoGP Race : Minggu 19:00

16 September, Jadwal MotoGP Misano San Marino & Riviera di Rimini
Jadwal Race Motogp dan Jam Tayang Trans7
Moto3 Qualifikasi : Sabtu : 18:00 – 18:40
MotoGP Qualifikasi: Sabtu : 18:55 – 19:55
Moto2 Qualifikasi : Sabtu : 20:10 – 20:55
Moto3 Race : Minggu 16:00
Moto2 Race : Minggu 17:20
MotoGP Race : Minggu 19:00

30 September, Jadwal MotoGP Motorland Aragon
Jadwal Race Motogp dan Jam Tayang Trans7
Moto3 Qualifikasi : Sabtu : 18:00 – 18:40
MotoGP Qualifikasi: Sabtu : 18:55 – 19:55
Moto2 Qualifikasi : Sabtu : 20:10 – 20:55
Moto3 Race : Minggu 16:00
Moto2 Race : Minggu 17:20
MotoGP Race : Minggu 19:00

14 Oktober, Jadwal MotoGP Motegi Japan
Jadwal Race Motogp dan Jam Tayang Trans7
Moto3 Qualifikasi : Sabtu : 11:00 – 11:40
MotoGP Qualifikasi: Sabtu : 11:55 – 12:55
Moto2 Qualifikasi : Sabtu : 20:10 – 20:55
Moto3 Race : Minggu 10:00
Moto2 Race : Minggu 11:20
MotoGP Race : Minggu 13:00

21 Oktober, Jadwal MotoGP Sepang Malaysia
Jadwal Race Motogp dan Jam Tayang Trans7
Moto3 Qualifikasi : Sabtu : 12:00 – 12:40
MotoGP Qualifikasi: Sabtu : 12:55 – 12:55
Moto2 Qualifikasi : Sabtu : 14:10 -14:55
Moto3 Race : Minggu 12:00
Moto2 Race : Minggu 13:20
MotoGP Race : Minggu 15:00

28 Oktober, Jadwal MotoGP Phillip Island Australia
Jadwal Race Motogp dan Jam Tayang Trans7
Moto3 Qualifikasi : Sabtu : 10:00 – 10:40
MotoGP Qualifikasi: Sabtu : 11:55 – 11:55
Moto2 Qualifikasi : Sabtu : 12:10 -12:55
Moto3 Race : Minggu 09:00
Moto2 Race : Minggu 10:20
MotoGP Race : Minggu 12:00
11 November, Jadwal MotoGP Ricardo Tormo Valencia – Valencia
Jadwal Race Motogp dan Jam Tayang Trans7
Moto3 Qualifikasi : Sabtu : 19:00 – 19:40
MotoGP Qualifikasi: Sabtu : 19:55 – 20:55
Moto2 Qualifikasi : Sabtu : 21:10 -21:55
Moto3 Race : Minggu 17:00
Moto2 Race : Minggu 18:20
MotoGP Race : Minggu 20:00

*. * Race Malam
*. ** Race Hari Sabtu
*. *** Kelas MotoGP saja



0 Responses

Silahkan tinggalkan jejak anda. Jika tidak punya akun silahkan pilih "Anonymous"

Club Cooee Club Cooee
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...